Jumat, 26 Februari 2010

MARAH ITU PERLU!

Pernah nngak sebel sama orang tapi nggak bias marah ke dia? Atau apa kamu tipe orang yang nggak bias marah ? Wah, marh itu perlu juga loh dikeluarkan sekali-kali. Supaya kamu lebih lega dan nggak stress lagi….


Marah itu adalah energi negative. Dan di mana-mana, yang namanya energi negative itu nggak baik kalau disimpan terus. Harus dikeluarkan supaya kita jadi fresh lagi.

Kalau kesal dengan seseorang, kita boleh kok marah.Sekali dua kali mungkin kita bisa menahan emosi, tapi kalau sudah keseringan, kan nggak baik juga.

Semua orang berhak marah, semua boleh ngeluarin emosinya. Tapi, ada juga sebagian orang yang nggak bisa ngeluarin energi negatifnya. Dipendam terus sampai bikn stress. Wah, malah bahaya, tuh!


Beberapa tips simple di bawah ini bisa ngebantu kamu ngeluarin emosi yang terpendam itu dari tubuhmu. Jadi, sekali-kali marah … boleh lagi !!



1. Menghela napas
Menghela napas adlah salah satu cara buat ngeluarin emosi. Coba deh perhatiin kalau kita lagi bete sama seseorang, tanpa disadari dahi kita pasti akan mengernyit. So, tarik napas yang panjang dan keluarkan perlahan-lahan. Setelah itu baru deh bilang ke orang yang bikin sebel tadi kalau kita nggak suka dengan kata-kata atau tindakannya. Mudah, kan…?


2.Teriak kencang
Arrgggghhhh…! Teriak kencang berguna juga tuh buat ngeluarin emosi kita. Tapi jangan di ruangan tertutup ya, nanti orang laen keberisikan lagi, he he he…. Cari tanah lapang , dan mulai teriak sekeras mungkin. Percaya deh, setelah itu kita pasti akan merasa lega.

3.Corat-coret
Bukan ditembok, tapi dikertas. Kalau kita lagi bete, keluarin emosi kita di secarik kertas. Terserah deh mau nyoret apaan, nulis nama orang yang kita sebelin 100 kali juga boleh. Tapi jangan ketahuan orangnya ya, nanti malu….

4.Konsentrasi
Supaya bisa mararh ke orang yang bikin kita sebel , konsentrasi dulu sama topik yang akan dibicarakan. Gunanya supaya focus dan omongan kita nggak ke sana ke mari. Jangan sampai kamu kesel gara-gara A, eh yang keluar malah B. Wah, malah nggak kesampaian tuh jadinya.

5.Bulatkan tekad
Kalau sebelumnya kita nggak berani marah sama orang yang bikin kita sebel, kayaknya kita harus bulatkan tekad. Hadapi kenyataan kalau kita sebel dengan orang itu, dan bulatkan tekad kalau kita harus menegur orang itu supaya nggak meniindas kita lagi. Ingat, marahitu perlu supaya kita lega….

6.Bayangkan wajah orang itu
Supaya berani marah, sebelum kita mengeluarkan segala emosi dari dalam pikiran, bayangkan wajah orang yang bikin kamu bete. Bayangkan wajahnya ketika bikin kita sebel dan bayangkan wajahnya yang suka carmuk itu. Setelah konsentrasi penuh dan focus, silkan marah ke dia. Mau lama mau sebentar, terserah. Yang penting intinya, kita sudah bisa dan berani mengeluarkan amarah….



Di ambil dari
Majalah Remaja Aneka Yess! No.17 18-31 Agustus 2008 Halaman 116

Tidak ada komentar:

Posting Komentar