Jumat, 26 Februari 2010

BELAJAR FOTOGRAFI

Pake kamera pocket atau kamera handphone juga bisa
Jangan cuma seneng difoto, jadi oraang yang moto pun nggak kalah asyik kok.
Selama ini fotografi suka dianggap hobi yang mahal banget karena harga buat peralatan yang dipake harganya nggak murah. Tapi sebenarnya, nggak musti punya kamera DSLR kayak yang suka dipake fotografer-fotografer professional kok kalau mau nyalurin hobi foto-foto kamu, dengan pake kamera poket ato kamera hp aja pun kamu bisa loh belajar fotografi. Yupz, apalagi sekarang kamera poket ato kamera hp udah dibekali sama fitur-fitur yang bisa mendekati kemampuan kamera DSLR. Harganya variatif kok, tergantung sama kebutuhan aja. Kamera poket 10 MP (Mega Pixel) aja sekarang bisa didapat denagan harga kurang dari 1,5 juta. Dengan harga kurang dari 1 juta pun kita sudah bisa dapetin kamera poket dengan ukuran pixel antara 5-8 megapixel.
Tahun 1954 lalu , Virginia Schaw asal California, Amrik berhasil dapet hadiah Pulitzer (Hadiah jurnalistik tingkat dunia) buat hasil fotonya tentang sebuah kecelakaan truk yang nabrak sebuah pagar jembatan. Dan foto jurnalistik yang doi bikin itu dibuat pake sebuah kamera poket. So, kata siapa kamera poket nggak bisa bersaing dengan kamera DSLR? Bahkan fotografer-fotografer perang pun sering make kamera poket buat ngambil gambar. Ukuran kamera poket yang jauh lebih mini dibanding ukuran kamera DSLR memungkinkan mereka untuk mengambil foto “candid’’ di tempat-tempat yang rawan.

TIPS BELAJAR FOTOGRAFI MURAH MERIAH

1. Manfaatin fitur yang ada
Apapun merek kamera kamu, manfatin aja fitur-fitur yang ada. Banyak banget yang bisa di eksplor dari sebuah kamera. Jadi banyakin aja nyoba-nyoba moto dengan fitur-fitur yang ada.

2. Pake properti yang ada di sekeliling kamu
Misalnya nih, kita nggak punya tripod, kita bisa kok pake tumpukan buku atau pinjem meja biat alas naro kamera. Pokoknya manfaatin aja apa yang bisa kamu manfaatin. Trus misalnya kamu ingin sedikit bereksperimen, pake bantuan alat kayak kaca pembesar atau lensa kacamata juga bisa jadi pilihan menarik. Acara jepret-jepret kamu bisa menghasilkan sesuatu yang unik.

3. Pamerin foto kamu, gratis
Udah banyak hasil fotonya? Dipamerin donk ke orang laen. Nggak mesti bikin pameran beneran kok, sekarang udah banyak situs-situs foto kayak fotografer.net atau ayofoto.com yang ngebolehin kamu mamerin hasil foto kamu setelah jamu bergabung sebagai anggotanya. Dengan mempublish hasil foto kamu disana , orang laen jadi bisa ngomentarin hasil foto kamu. Well, walaupun mungkin bakal dapat banyak kritikan, tapi jangan lantas jadi sedih ya. Justru dari kritik-kritik itulah kita bisa belajar biar hasil foto kita jadi lebih baik lagi. Asyiknya lagi, situs kayak fotografer.net rencananya bakal bikin bank foto buat nampung foto-foto anggotanya. Jadi, bukan nggak mungkin kalo someday ada biro iklan yang mau make foto kit buat dijadiin print-adnya.

4. Rajin dating ke pameran foto
Banyakin dating ke acara pameran foto ya. Pameran foto rata-rata gratis kok. Yupz, liat-liat foto di pameran kan bisa nambah banyak pembendaharaan foto kamu, bisajadi referensi yang asyikdeh buat nambah ilmu fotografi. Trus kadang-kadang pmeran foto juga suka dibarengin sama acara diskusi foto dan coaching clinic yang nampilin fotografer-fotografer ngetop. Hmm, ilmu yang yang didapat jadi tambah banyak kan?

5. Ikutan ekskul foto di sekolah
Sekarang udah banyak sekolah yang ada ekskul fotografinya. So, kalo kamu gabung sma ekskul itu. Kamu bakal dapat banyak pengetahuan tentang fotografi langsung dari pengajar-pengajar yang tentunya udah punya basic yang oke tentang fotografi.

6. Mesti latihan terus donk
Sebenarnya ini yang paling penting. Yupz, emang buat sukses mesti banyk usaha. Makanya biar urusan fotografinya juga lancer mesti rajin moto dong. Mau kameranya secanggih apapun kalo nggak pernah dipake buat moto kan sama aja boonag jadinya. Mulai yuk, siapkan kameramu dan k.l.i.k



Diambil dari
Tabloid Gaul .Edisi 46. Tahun VII. 24-30 November 2008 . Halaman 27

Tidak ada komentar:

Posting Komentar