Sabtu, 27 Februari 2010

BATERAI MAGNIT BERTAKHNOLOGI NANO

Tak sejalan dengan tekhnologi elektronika yang semakin berkembang, ternyata tekhnologi baterai yang disematkan pada perangkat-perangkat tersebut masih tertinggal. Hal inilah yang kemuduan membuat para ahlimencoba berbagai alternative yang dapat dijadikan sumber energi pengganti baterai yang ada sekarang.

Diantara penelitian-penelituan tersbut, muncul sebuah temuan baru yang disebut baterai spin (berputar) yang dikembangkan oleh para peneliti dari Universitas Miami, Amerika Serikat serta Universitas Tokyo dan Tohoku, Jepang. Baterai spin merupakan baterai yang dapat diisi ulang dengan menerapkan sisrem lading mangnit menjadi nano-magnit pada sebuah perangkat yang disebut ‘magnetic tunnel junction’ (MTJ)

Tekhnnologi baru ini merupakan sebuah langkah maju dimana diyakini akan menghasilkan baterai dengan lebih cepat, lebih murah dan menggunakan sedikit energi dari arus yang telah ada sebelumnya . Di masa depan baterai baru ini dapat dikembangkan untuk menghidupkan sebuah mobil atau perangkat lainnya.

Rahasia dari tekhnologi ini terletak pada penggunaan magnet nano untuk mempengaruhi kekuatan elektromotif. Sebenarnya tekhnologi ini merupakan prinsip yang sama seperti halnya baterai konvensional. Bedanya, bila pada baterai konvensional energi yang disimpan mengunakan bentuk energi kimia dimana ketika dijalankan reaksi kimia akan terjadi dan maenghasilkan energi listrik. Sedangkan tekhnologi baru ini mengkonversikan energi magnetic menjadi energi listrik tanpa adanya reaksi kimia. Arus listrik yang dibuat dalam proses ini disebut ‘arus polarisasi spin’ dan disebut sebagai tekhnologi baru dengan ‘spintronik’

Dengan menggunakan tekhnologi spintronik, energidisimpan bukan melalui reaksi kimia melainkan pada sebuah magnit. Jadi tidak ada reaksi kimia yang terjadi karena baterai spin akan membuat lading magnit yang besar. Tekhnologi ini dianggap lebih potensial disbanding tekhnologi yang pernah ditemukan sebelumnya. Bahkan menurut Barnes (salah satu diantara peneliti yang mengembangkan tekhnologi ini), mereka telah mengantisipasi efek yang ditimbulkan dengan penerapan tekhnologi ini. Hanya saja dengan tekhnologi ini, voltase yang dihasilkan menjadi seratus kali lebih besar dalam wktu puluhan menit dan menghasilkan voltase yang berbeda dalam waktu mili detik. Ini diluar dari perhitungan teoritis yang saat dipahami.

Namun setidaknya temuan baru ini dapat menjelaskan lebih jauh bagaimana cara kerja magnit dan aplikasinya dalam hal penggunaan MTJ sebagai elemen elektronik yang bekerja dengan cara yang berbeda dibandingkan dengan transistor konvensional. Meski perangkat aktualnya memiliki diameter seperti halnya rambut manusia, namun energi yang disimpan secara potensial mampu menjalankan sebuah mobil sampi beberapa mil jauhnya.

Belum diketahui kapan tekhnologi baterai ini akan diterapkan pada perangkat elektronik komersial.

Jumat, 26 Februari 2010

MARAH ITU PERLU!

Pernah nngak sebel sama orang tapi nggak bias marah ke dia? Atau apa kamu tipe orang yang nggak bias marah ? Wah, marh itu perlu juga loh dikeluarkan sekali-kali. Supaya kamu lebih lega dan nggak stress lagi….


Marah itu adalah energi negative. Dan di mana-mana, yang namanya energi negative itu nggak baik kalau disimpan terus. Harus dikeluarkan supaya kita jadi fresh lagi.

Kalau kesal dengan seseorang, kita boleh kok marah.Sekali dua kali mungkin kita bisa menahan emosi, tapi kalau sudah keseringan, kan nggak baik juga.

Semua orang berhak marah, semua boleh ngeluarin emosinya. Tapi, ada juga sebagian orang yang nggak bisa ngeluarin energi negatifnya. Dipendam terus sampai bikn stress. Wah, malah bahaya, tuh!


Beberapa tips simple di bawah ini bisa ngebantu kamu ngeluarin emosi yang terpendam itu dari tubuhmu. Jadi, sekali-kali marah … boleh lagi !!



1. Menghela napas
Menghela napas adlah salah satu cara buat ngeluarin emosi. Coba deh perhatiin kalau kita lagi bete sama seseorang, tanpa disadari dahi kita pasti akan mengernyit. So, tarik napas yang panjang dan keluarkan perlahan-lahan. Setelah itu baru deh bilang ke orang yang bikin sebel tadi kalau kita nggak suka dengan kata-kata atau tindakannya. Mudah, kan…?


2.Teriak kencang
Arrgggghhhh…! Teriak kencang berguna juga tuh buat ngeluarin emosi kita. Tapi jangan di ruangan tertutup ya, nanti orang laen keberisikan lagi, he he he…. Cari tanah lapang , dan mulai teriak sekeras mungkin. Percaya deh, setelah itu kita pasti akan merasa lega.

3.Corat-coret
Bukan ditembok, tapi dikertas. Kalau kita lagi bete, keluarin emosi kita di secarik kertas. Terserah deh mau nyoret apaan, nulis nama orang yang kita sebelin 100 kali juga boleh. Tapi jangan ketahuan orangnya ya, nanti malu….

4.Konsentrasi
Supaya bisa mararh ke orang yang bikin kita sebel , konsentrasi dulu sama topik yang akan dibicarakan. Gunanya supaya focus dan omongan kita nggak ke sana ke mari. Jangan sampai kamu kesel gara-gara A, eh yang keluar malah B. Wah, malah nggak kesampaian tuh jadinya.

5.Bulatkan tekad
Kalau sebelumnya kita nggak berani marah sama orang yang bikin kita sebel, kayaknya kita harus bulatkan tekad. Hadapi kenyataan kalau kita sebel dengan orang itu, dan bulatkan tekad kalau kita harus menegur orang itu supaya nggak meniindas kita lagi. Ingat, marahitu perlu supaya kita lega….

6.Bayangkan wajah orang itu
Supaya berani marah, sebelum kita mengeluarkan segala emosi dari dalam pikiran, bayangkan wajah orang yang bikin kamu bete. Bayangkan wajahnya ketika bikin kita sebel dan bayangkan wajahnya yang suka carmuk itu. Setelah konsentrasi penuh dan focus, silkan marah ke dia. Mau lama mau sebentar, terserah. Yang penting intinya, kita sudah bisa dan berani mengeluarkan amarah….



Di ambil dari
Majalah Remaja Aneka Yess! No.17 18-31 Agustus 2008 Halaman 116

BELAJAR FOTOGRAFI

Pake kamera pocket atau kamera handphone juga bisa
Jangan cuma seneng difoto, jadi oraang yang moto pun nggak kalah asyik kok.
Selama ini fotografi suka dianggap hobi yang mahal banget karena harga buat peralatan yang dipake harganya nggak murah. Tapi sebenarnya, nggak musti punya kamera DSLR kayak yang suka dipake fotografer-fotografer professional kok kalau mau nyalurin hobi foto-foto kamu, dengan pake kamera poket ato kamera hp aja pun kamu bisa loh belajar fotografi. Yupz, apalagi sekarang kamera poket ato kamera hp udah dibekali sama fitur-fitur yang bisa mendekati kemampuan kamera DSLR. Harganya variatif kok, tergantung sama kebutuhan aja. Kamera poket 10 MP (Mega Pixel) aja sekarang bisa didapat denagan harga kurang dari 1,5 juta. Dengan harga kurang dari 1 juta pun kita sudah bisa dapetin kamera poket dengan ukuran pixel antara 5-8 megapixel.
Tahun 1954 lalu , Virginia Schaw asal California, Amrik berhasil dapet hadiah Pulitzer (Hadiah jurnalistik tingkat dunia) buat hasil fotonya tentang sebuah kecelakaan truk yang nabrak sebuah pagar jembatan. Dan foto jurnalistik yang doi bikin itu dibuat pake sebuah kamera poket. So, kata siapa kamera poket nggak bisa bersaing dengan kamera DSLR? Bahkan fotografer-fotografer perang pun sering make kamera poket buat ngambil gambar. Ukuran kamera poket yang jauh lebih mini dibanding ukuran kamera DSLR memungkinkan mereka untuk mengambil foto “candid’’ di tempat-tempat yang rawan.

TIPS BELAJAR FOTOGRAFI MURAH MERIAH

1. Manfaatin fitur yang ada
Apapun merek kamera kamu, manfatin aja fitur-fitur yang ada. Banyak banget yang bisa di eksplor dari sebuah kamera. Jadi banyakin aja nyoba-nyoba moto dengan fitur-fitur yang ada.

2. Pake properti yang ada di sekeliling kamu
Misalnya nih, kita nggak punya tripod, kita bisa kok pake tumpukan buku atau pinjem meja biat alas naro kamera. Pokoknya manfaatin aja apa yang bisa kamu manfaatin. Trus misalnya kamu ingin sedikit bereksperimen, pake bantuan alat kayak kaca pembesar atau lensa kacamata juga bisa jadi pilihan menarik. Acara jepret-jepret kamu bisa menghasilkan sesuatu yang unik.

3. Pamerin foto kamu, gratis
Udah banyak hasil fotonya? Dipamerin donk ke orang laen. Nggak mesti bikin pameran beneran kok, sekarang udah banyak situs-situs foto kayak fotografer.net atau ayofoto.com yang ngebolehin kamu mamerin hasil foto kamu setelah jamu bergabung sebagai anggotanya. Dengan mempublish hasil foto kamu disana , orang laen jadi bisa ngomentarin hasil foto kamu. Well, walaupun mungkin bakal dapat banyak kritikan, tapi jangan lantas jadi sedih ya. Justru dari kritik-kritik itulah kita bisa belajar biar hasil foto kita jadi lebih baik lagi. Asyiknya lagi, situs kayak fotografer.net rencananya bakal bikin bank foto buat nampung foto-foto anggotanya. Jadi, bukan nggak mungkin kalo someday ada biro iklan yang mau make foto kit buat dijadiin print-adnya.

4. Rajin dating ke pameran foto
Banyakin dating ke acara pameran foto ya. Pameran foto rata-rata gratis kok. Yupz, liat-liat foto di pameran kan bisa nambah banyak pembendaharaan foto kamu, bisajadi referensi yang asyikdeh buat nambah ilmu fotografi. Trus kadang-kadang pmeran foto juga suka dibarengin sama acara diskusi foto dan coaching clinic yang nampilin fotografer-fotografer ngetop. Hmm, ilmu yang yang didapat jadi tambah banyak kan?

5. Ikutan ekskul foto di sekolah
Sekarang udah banyak sekolah yang ada ekskul fotografinya. So, kalo kamu gabung sma ekskul itu. Kamu bakal dapat banyak pengetahuan tentang fotografi langsung dari pengajar-pengajar yang tentunya udah punya basic yang oke tentang fotografi.

6. Mesti latihan terus donk
Sebenarnya ini yang paling penting. Yupz, emang buat sukses mesti banyk usaha. Makanya biar urusan fotografinya juga lancer mesti rajin moto dong. Mau kameranya secanggih apapun kalo nggak pernah dipake buat moto kan sama aja boonag jadinya. Mulai yuk, siapkan kameramu dan k.l.i.k



Diambil dari
Tabloid Gaul .Edisi 46. Tahun VII. 24-30 November 2008 . Halaman 27